Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1444 H

Keluarga besar SMA Terpadu Krida Nusantara memperingati Nuzulul Qur’an di Masjid Baabul Haaq Krida Nusantara pada 17 Ramadan 1444 H atau 7 April 2023. 17 Ramadan adalah hari memperingati Nurulul Qur’an, yaitu waktu diturunkannya Al-Qur’an sebagai kepada Nabi Muhammad saw melalui Malaikat Jibril di Gua Hira. Peringatan Nuzulul Qur’an ini diikuti oleh seluruh siswa muslim dan diisi dengan khatam Qur’an yang dibagi per juz kepada tiap siswa. Dr. Asep Herdi, M.Ag. selaku penceramah dalam kegiatan ini menyampaikan keutamaan Nuzulul Qur’an, yaitu:

  1. Malam lebih baik dari 1000 bulan
  2. Diampuni dosa-dosanya
  3. Malam penuh berkah
  4. Malaikat turun ke bumi
  5. Dicatatnya takdir tahunan

Selain itu, dijelaskan pula mengenai amalan Malam Nuzulul Qur’an, antara lain:

  1. Membaca Kitab Suci Al-Qur’an,
  2. Melaksanakan Shalat Malam,
  3. Iktikaf,
  4. Melafadzkan Doa Nuzulul Qur’an.

Pada kesempatan tersebut, beliau juga mengajak para siswa untuk menyempurnakan ibadah puasa dan mengerjakan amalan-amalan sunnah. Kegiatan ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan shalat Maghrib berjamaah

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan; Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah; Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah; Yang mengajar (manusia) dengan perantara qalam (pena); Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq: 1-5)

Share this post