Kegiatan Outdoor SD Terpadu Krida Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sebanyak 203 siswa kelas IV-VI SD Terpadu Krida Nusantara didampingi Kepala Sekolah, 14 guru, dan 3 tenaga kependidikan mengikuti kegiatan Outdoor di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada 25 Januari 2024. Kegiatan Outdoor ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan untuk siswa kelas I-III pada Kamis, 2 November 2023 lalu bertempat di Jendela Alam. Tujuan dari kegiatan Outdoor kelas IV-VI adalah agar para siswa dapat memahami konsep sains dan lingkungan dan pemahaman lebih dalam tentang angkasa luar, serta dapat lebih mengenal dan memahami keberagaman budaya Indonesia, serta menumbuhkan rasa menghargai budaya sendiri dengan ikut melestarikannya.

Kegiatan di TMII diawali dengan mengunjungi Skyworld. Tempat-tempat yang dieksplorasi di Skyworld antara lain Planetarium, Exhibition Hall, 5 Dimensi, dan Children Playground. Selama di area Skyworld, para siswa lebih memahami tata surya dan planet-planet di sekelilingnya, benda-benda luar angkasa, pesawat buatan manusia yang mendarat di luar angkasa, serta astronot-astronot Indonesia yang pernah bersiap pergi ke luar angkasa. Tidak hanya itu, mereka juga berkesempatan untuk berfoto di depan model Bandar Antariksa (tempat peluncuran roket) serta menonton film 5 dimensi.

Selanjutnya, para siswa mengenal lebih dekat dengan keanekaragaman budaya Indonesia, dengan menaiki kereta gantung secara bergiliran. Setelah naik kereta gantung, peserta didik dapat membeli souvenir tradisional khas Indonesia. Tempat terakhir yang dikunjungi adalah ke Museum Indonesia. Di sini, para siswa dapat lebih mengenal keragaman kain-kain tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dengan beragam motif-motifnya, seperti kain tenun ikat dari Nusa Tenggara Timur, kain songket dari Sumatra Barat, dan lain-lain. Selain itu, ada ruang pameran yang mempertunjukkan cara membuat kain tenun ikat dengan cara tradisional. Setelah kegiatan Outdoor ini, para siswa mendapat tugas literasi yaitu meningkatkan kemampuan dalam menulis cerita/pengalaman. Para siswa ditugaskan menulis pengalaman selama di TMII dan hasilnya akan dibukukan sebagai laporan literasi Outdoor.

 

“Belajar tidak hanya sebatas di ruang kelas” – Ilhan Omar

 

Share this post