Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) “Bhinneka Tunggal Ika”

Dalam rangka pengimplementasian Kurikulum Merdeka, SD Terpadu Krida Nusantara telah melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika”. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini telah dilaksanakan pada 20 Mei – 6 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan:

  1. Memperkuat karakter profil pelajar Pancasila peserta didik pada dimensi kebhinnekaan global, mandiri dan kreatif.
  2. Peserta didik mengenal diri sendiri, keberagaman suku budaya, agama yang ada di lingkungan masyarakat sekitar.
  3. Peserta didik mempelajari kebinnekaan global sebagai sebuah kekuatan dan menerima perbedaan dengan orang lain.
  4. Melalui pentas seni, peserta didik dapat mempromosikan budaya daerah.

P5 kali ini ini memiliki target yang berbeda untuk tiap fasenya. Untuk fase A (Kelas I dan II), kelas I mengenalkan kebhinekaan budaya dengan melakukan kegiatan literasi jati diri sendiri dan menggali budaya seni tari daerah. Kemudian kelas II melakukan kegiatan kebhinekaan budaya dengan membuat pop-up book serta menggelar pentas seni berupa menyanyikan lagu daerah, peragaan busana daerah, dan tarian daerah. Untuk Fase B (Kelas III dan IV), kelas III mengenalkan kebhinekaan budaya dengan melakukan kegiatan presentasi keragaman budaya daerah dan pentas seni menyanyikan lagu daerah. Kelas IV mengenal keragaman pembiasaan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta mengenal lagu daerah melalui musik Angklung da marching band (MCB). Terakhir, untuk Fase C (Kelas V dan VI), kelas V mengenalkan dan mempresentasikan budaya peduli lingkungan di sekolah serta mengenal lagu daerah dengan melalui musik marching band. Kelas VI membuat puisi akrostik nama siswa dan paduan suara.

Hasil karya literasi P5 dari peserta didik kelas I berupa buku kumpulan mengenal diri sendiri, kelas II buku Pop-Up Keragaman Budaya, kelas III Buku Kumpulan Presentasi Budaya Daerah, kelas IV Buku Kumpulan Canva Presentasi Budaya Perilaku Bersih dan Sehat, kelas V Buku Kumpulan Infografis Budaya Peduli Lingkungan, dan kelas VI Buku Kumpulan Puisi Akrostik.

 

Share this post