Musyawarah Kerja Guru dan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025

Pada 24-26 Juni 2024, Yayasan Krida Nusantara mengadakan Musyawarah Kerja Guru dan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dengan tema “Bersama untuk Meningkatkan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Mewujudkan Merdeka Belajar dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila”. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus Yayasan Krida Nusantara, Kepala Sekolah, serta para guru di lingkungan Yayasan Krida Nusantara. Ketua Pengurus Yayasan Krida Nusantara, Nori Chandrawati Try Sutrisno S.H membuka acara Musyawarah Kerja Guru dan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di Aula Krida Nusantara pada hari pertama.

Seusai pembukaan, para guru SMA Terpadu Krida Nusantara melanjutkan kegiatan di Aula Krida Nusantara dengan materi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Pengawas Pembina Dinas Provinsi Jawa Barat, Hilman Abdurrahman, M.Pd, serta Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Kepala SMA Terpadu Krida Nusantara Drs. H. Encang Iskandar, M.Pd. Keesokan harinya, para guru menjalani workshop dan presentasi hasil workshop mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka. Diskusi dan presentasi kelompok bidang Kepesertadidikan, Sarana Prasarana dan Keasramaan, Humas, dan Tata Usaha menjadi agenda hari terakhir. Selanjutnya, pada 27 Juni 2024, Yayasan Krida Nusantara menyampaikan materi yang menitikberatkan pada penggunaan teknologi pendidikan, penguatan SDM, dan pengabdian guru.

TK Tunas dan SD Terpadu Krida Nusantara mengawali agenda Musyawarah Kerja dengan materi yang disampaikan oleh Ketua Pengurus Yayasan Krida Nusantara, Nori Chandrawati Try Sutrisno S.H mengenai Protokol di Gedung Kesenian. Selama tiga hari berikutnya, para guru SD melanjutkan musyawarah kerja di Gedung Kesenian dengan presentasi terkait Program Kepala Sekolah, Sosialisasi Jadwal MPLS 2024-2025, Program Kesiawaan, Kurikulum Pendidikan 2024-2025, Materi Kurikulum Operasional Sekolah, Rancangan Anggaran Kerja Sekolah (RKAS), serta Pembagian Wali Kelas dan Siswa. Para guru TK Tunas Krida Nusantara melanjutkan rapat di sekolah dengan agenda Pembahasan RKAS dan Program Tahunan, Pembagian Kelas dan Rencana MPLS, KOSP, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), serta Penyusunan CP, TP, dan KKTP; Penyusunan Modul Ajar, Proyek P5, dan Penyusunan Asesmen.

Rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Guru ditutup pada 27 Juni 2024 di Aula Krida Nusantara oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Yayasan Krida Nusantara, H. Oji Mahroji. Sore harinya, para guru dan pengurus Yaysan Krida Nusantara melaksanakan makan malam bersama di Hotel Ibis Trans Studio Bandung. Pada kesempatan tersebut, diumumkan tiga orang guru yang akan melaksanakan ibadah umrah, yakni:

  1. Irmawati Satia Kusumah, S.Pd., M.I.L (Guru SMA Terpadu Krida Nusantara)
  2. Siti Ayu Farhiyah, S.Pd (Guru TK Tunas Krida Nusantara)
  3. Ani Maisyaroh, S.Pd (Guru SD Terpadu Krida Nusantara)

Dengan terlaksananya Musyawarah Kerja dan Workshop ini, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan di Yayasan Krida Nusantara serta mewujudkan Merdeka Belajar yang berkualitas dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

 

“Bukan hanya mengajar, tapi juga mendidik. Karena menjadi guru adalah sebuah kehormatan.” – Yoza Fitriadi

 

Share this post