Orientasi Penerapan Sekolah Sehat Bagi Tim Pembina dan Pelaksana UKS Kota Bandung

Pemerintah Kecamatan Cibiru bekerja sama dengan SD Terpadu Krida Nusantara menyelenggarakan “Orientasi Penerapan Sekolah Sehat Bagi Tim Pembina dan Pelaksana UKS Kota Bandung” pada Selasa, 6 Agustus 2024 bertempat di Aula Yayasan Krida Nusantara. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh program “Bandung Sehat” dan SD Terpadu Krida Nusantara terpilih sebagai role model “Sekolah Sehat” karena kiprahnya yang sudah mencapai tingkat nasional. Adapun para tamu yang hadir antara lain Camat Cibiru Drs. Didin Dikayuana, M.Kesos beserta jajarannya, Pengawas Bina Cibiru Disdik Kota Bandung Drs. Karya Sasmita, M.Pd, Perwakilan Kemenag Kota Bandung Nunu Nugraha, S.Sos, Kepala SD Terpadu Krida Nusantara Asep Dani Mardiani, S.Pd.I beserta jajarannya, Tim Pembina UKS Kota Bandung, serta Perwakilan Tim Pelaksana (TP) UKS dari setiap sekolah se-Kecamatan Cibiru.

Kepala SD Terpadu Krida Nusantara Asep Dani Mardiani, S.Pd.I menjelaskan bahwa SD Terpadu Krida Nusantara mampu meraih predikat “Sekolah Sehat” karena tidak terlepas dari  Implementasi Trias UKS. UKS dianggap tidak hanya sebatas tempat merawat siswa yang sakit, melainkan sebagai wadah membentuk karakter siswa agar berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal ini didukung oleh Camat Cibiru Drs. Didin Dikayuana, M.Kesos yang menyatakan bahwa UKS memiliki hubungan yang berbanding lurus dengan prestasi siswa.

Pada kegiatan ini, Ketua Tim Pembina UKS Kota Bandung Wafa Hamidah, S.Pd memberikan sosialisasi mengenai Trias UKS/M Plus, yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sehat, serta manajemen UKS/M di sekolah. Seusai sosialisasi, para tamu yang hadir juga berkesempatan untuk mengunjungi UKS, area hidroponik, tanaman hias, serta tanaman obat di SD Terpadu Krida Nusantara.

 

“Kesehatan adalah harta yang sesungguhnya, bukan emas atau perak” – Mahatma Gandhi

Share this post